5 Langkah Bernyanyi Ekspresif



Lirik lagu adalah hal yang paling utama untuk dilebur ke dalam jiwa seorang penyanyi ketika ia tampil melantunkan lagunya. Itu syarat mutlak untuk dapat bernyanyi dengan ekspresif.

Jika penyanyi saja tidak percaya pada kata-kata dalam lirik lagu yang dilantunkan, apalagi orang lain. Artinya penyanyi harus benar-benar meyakinkan dalam menjiwai lagunya.

Kalau perlu, imajinasikan pengalaman masa lalu untuk membantu membangkitkan emosi dalam menyanyi. Misalnya lagu bertema ditinggalkan pacar, ingat lagi bagaimana lukanya hati saat ditinggal. Setelah dapat merasakan itu, penyanyi  pasti dapat menjiwai lagu yang dinyanyikanya.

Ini adalah saran-saran bagi penyanyi agar dapat menemukan sisi ekspresif:

  • Membuang rasa ketakutan. Tunjukkan diri dengan sebenarnya. Ketika penyanyi menyembunyikan siapa dirinya yang sebenarnya, berarti penyanyi tersebut pun  mengubur perasaan Anda. Ketika perasaan itu hilang di dalam diri, maka tidak mungkin untuk mengekspresikannya.
 
  • Bernyanyilah dengan diksi tanpa cela. Ini akan sangat membantu dalam berkonsentrasi pada emosi yang ditemukan dalam kata itu sendiri. Jika perlu, sewalah pelatih vokal untuk membantu langkah penting ini.

  • Nikmati lagu saat  bernyanyi. Lagu bertema apapun harus dinikmati.  Jika penyanyinya saja tidak menikmatinya, apalagi pendengar atau penontonnya.

  • Memilih lagu yang tepat. Harus ada alasan kuat, kenapa seorang penyanyi memilih lagu tersebut untuk dinyanyikan? Apakah hanya menyukainya? Atau ada faktor lain? Atau menyesuaikan dengan nuansa acara? Dalam suasana acara pernikahan, apakah pantas seorang penyanyi membawakan lagu kesedihan dihianati pasangan? 

  • Buatlah lagu yang dinyanyikan menjadi milikmu. Jika penyanyi menyanyikan lagu-lagu penyanyi lain, maka jangan menjadi epigon atau mengikuti gaya artis aslinya. Ini adalah sebuah kesalahan besar. Temukan gaya sendiri, ciri khas sendiri.  Jangan takut untuk mengambil kebebasan improvisasi,  tetapi jangan berlebihan pula.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post