RESWARA di SMA BPI 1 Bandung - Menumbuhkan Cinta Tanah Air Melalui Festival Budaya 2023

 





(Bandung, Ekspresif.Com) Acara Festival Budaya SMA BPI 1 Bandung pada tahun 2023 lebih meriah dibanding sebelumnya. Mengusung  tajuk "Reswara", yang artinya "unggul:, beragam mata acara digelar di  kampus SMA BPI 1, Jalan Burangrang No 8 Bandung (25/02/23)

Secara resmi acara dibuka oleh  Dr. Firman Oktora S.Si, M.Pd, Kepala Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Provinsi Jabar.

Kegiatan Reswara merupakan program tahunan OSIS yang rutin diaksanakan, dengan tujuan untuk membuka ruang kepada siswa dan siswi SMP se-Jawa Barat agar dapat menyalurkan potensi dirinya masing-masing sesuai dengan bakat yang dimilikinya.

Dr. Firman Oktora S.Si, MPd, Kepala Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Provinsi Jabar


Dalam kegiatan Reswara ini menyajikan 8 mata lomba yaitu: angklung, tari rampak daerah, story Telling, solo vokal, band, model, dan TO, yang melibatkan seluruh pengurus OSIS mulai dari persiapan, rekrutmen peserta, hingga pelaksanaannya. 

Semua lomba digelar dengan menjunjung tinggi sportivitas, objektif, dengan memperhatikan berbagai aspek penilaian yang benar-benar dilaksanakan secara jujur dan terbuka.  

Dafa Naufal selaku ketua OSIS, bersama anggota lainnya berupaya keras untuk mewujudkan kegiatan Reswara secara offline, setelah selama 2 tahun dilaksanakan secara online karena terkendala pandemi covid 19.

Teguh Maulana, M.Pd selaku Wakasek Kesiswaan bersama  seksi acara OSIS mengemas acara secara apik dengan menampilkan beberapa ekskul dari siswa-siswi SMA BPI 1, diantaranya kabaret, MD, angklung yg berkolaborasi dengan paranada dan tari rampak. Semuanya dapat memukau para penonton yang seolah terhipnotis dengan sajian tersebut

Dalam kegiatan Reswara, digelar pula EXPO STEAM P5,  yang mengusung kearifan lokal dan teknologi.


Kepala SMA BPI 1 Bandung, Kiki Aryani, M.Pd


Kepala SMA BPI 1 Bandung, Kiki Aryani, M.Pd  berusaha  maksimal dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Yakni para siswa dapat melakukan pembelajaran dimana saja, bahkan siswa diberikan kesempatan untuk mampu mengeksplorasi berbagai potensi dirinya secara maksimal melalui project yang beragam setiap kelasnya.

Dalam project ini siswa belajar memanej mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, bahkan hingga project ini dapat dijual kepada masyarakat.

Festival Budaya SMA BPI 1 Bandung diikuti oleh siswa-siswi SMP tingkat Jabar, dengan memperebutkan trophy, sertifikat  dan uang pembinaan total puluhan juta rupiah, dan  untuk juara umum mendapatkan trophy Gubernur Jabar.

SMP Negeri 28 Bandung, Juara 1 Lomba Angklung dalam Festival Budaya SMA BPI 1 Bandung


Melalui kegiatan ini, diharapkan SMA BPI 1 Bandung turut serta dalam memelihara budaya bangsa, agar tidak tergerus oleh perkembangan jaman, apalagi tersingkirkan dari negrinya sendiri akibat derasnya gempuran budaya asing melalui berbagai media. 

Ketua pelaksana Reswara, Dr. Lia Rohliawati, MMPd menambahkan, "Semoga melalui reswara ini, SMA BPI 1 dapat berperan dalam menumbuhkan karakter siswa untuk mencintai tanah airnya, sehingga rasa nasionalisme dapat terjaga dengan baik, Aamiin yaa Rabbal aalaamiin..." demikian kata  Lia kepada Ekspresif.Com.  









0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post