Empat Skill Dasar Ekspresif



Ekspresif itu skill atau keterampilan. Artinya, semua orang dapat mempelajarinya. Tidak bisa instan, melainkan harus dengan kesungguhan, tanpa kenal lelah, dan berkesinambungan.

Sebagai contoh skill adalah mengemudi motor. Tidak bisa kalau sekarang belajar dan mau langsung bisa. Harus berkesinambungan, terus belajar, dan bahkan setelah dapat mengemudikan pun tetap belajar menghadapi berbagai tantangan medan jalanan. Setelah teruji dengan jam terbang yang tinggi, keterampilannya akan terus bertambah. Banyak hal yang tiba-tiba dapat dilakukan dengan otomatis tanpa berpikir lagi (automatically).

Demikian pula dalam hal ekspresif. Misalnya untuk menjadi seorang aktor, ekspresif itu menjadi penentu keberhasilan aktingnya.

Menjadi seorang juru kampanye, presenter, orator, pebisnis yang sering mempresentasikan produknya,  dan lain-lain.

Ada empat skills dasar ekspresif yang perlu diperhatikan. Yaitu suara, gerakan, raut wajah dan sikap.

Pidato Bung Karno, pidato yang ekspresif



SuaraPernahkah mendengar rekaman pidato Bung Karno? Luar biasa, bukan? Dan jangan dikira Bung Karno memiliki skill seperti itu secara mendadak. Bung Karno bisa melakukan itu karena berlatih, dan terus berlatih.

Kalau ada yang nanya, tahu dari mana? Jawaban mudah ya tinggal nonton saja film Bung Karno yang digarap sutradara Hanung Brahmantyo. Perhatikan adegan ketika Bung Karno belajar berorasi di depan cermin, di kamarnya.

Suara vokal dapat mencerminkan jenis karakter tertentu. Para aktor memanfaatkan berbagai teknik vokal. Iramanya, penggunaan nada, kecepatan, proyeksi dan nada untuk menciptakan sebuah karakter

Gerakan
Setiap gerakan yang dilakukan harus mengandung makna. Misalnya ketika sedang berpidato, tangan itu mau gimana? Mau diam saja? Mau dimasukin ke saku celana? Itu harus dibiasakan bergerak yang mengandung makna.

Misalnya, ketika berpidato "Hanya kepada Tuhan, kita memohon perlindungan...", tangan orator alangkah indahnya kalau diangkat sambil menengadah. Itulah gerakan yang ekspresif.

Gerakan yang berkarakter harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan harus mampu menunjukkan kepada penonton tentang karakter yang diinginkan.

Raut WajahAdalah manipulasi dan kontrol otot wajah. Sementara melakukan aktor menggunakan ekspresi wajah untuk meningkatkan pengembangan karakter spesifik mereka

Sikap
Sikap atau gesture adalah gerakan tubuh unik untuk memperkuat komunikasi non verbal. Dengan gesture, kita dapat menunjukkan kepribadian karakter tertentu. Sebagai contoh, seorang yang ketika berbicara selalu bertolak pinggang, itu sudah menunjukkan karakter kesombongan.

Gerakan-gerakan kecil  lainnya yang dilakukan ketika sedang berinteraksi, dapat menunjukkan suatu karakter tertentu. Ketika seorang dihampiri kucing, lalu orang itu mengelus-elus punggung kucing,  sudah cukup menunjukkan bahwa ia penyayang binatang.

Itulah 4 dasar ekspresif yang perlu dilatih dan terus dibiasakan, hingga mencapai tingkat automatically.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post