Tentang Fotografi


 
Foto: digitaltrends.com

 Oleh EKSPRESIF

  1. A. Shutter Spoed berpungsi sebagai pengatur atau kontrol terhadap objek
    yang akan dipotret.
B. Diafragma berpungsi sebagai pengatur masukan cahaya.

2.    A. Film ber-ISO/ASA rendah (misalnya di bawah ISO 100) akan menjadikan rendah terhadap pencahayaan, teuntunya juga bisa menyebabkan kepekaan tingkat resolusi lebih besar/tebal. Hal ini sangat menguntungkan, karena jika potret tersebut akan diperbesar, maka tidak akan pecah.


Film ber-ISO/ASA tinggi (Misalnya di atas ISO 100) adalah kebalikan dari ISO di bawah 100. Kepekaan terhadap cahayanya tinggi, resolusinya rendah, sehingga jika potret tersebut akan diperbesar, maka kemungkinan pecahnya gambar sangat besar.
C. Menggunakan ISO yang tinggi biasanya ketika akan memotret sebuah tempat yang cahayanya kurang, seperti di Panggung Tater. Sedangkan menggunakan ISO yang rendah, cocok untuk lokasi pemotretan out dor, potret produk, dsb.

  1. Jenis-jenis penyinaran (lighting/arah datangnya sinar), diantaranya Back Light (Cahaya dari belakang). Dengan penyinaran seperti ini, akan menghasilkan potret silhuet (semacam bayangan), atau dengan kata lain objek poto tidak terlihat dengan utuh.
Ada juga penyinaran yang datangnya dari arah depan, yang disebut dengan front light. Tentu saja akibat dari penyinaran dari depan ini, maka objek poto akan lebih jelas.
Ada lagi pencahayaan dari arah samping (Side Light) dan Bounch Light. Keduanya sama-sama dimaksudkan/berpungsi untuk menghilangkan efek bayangan.

  1. Lensa Sudut Lebar biasanya dipergunakan di dalam ruangan yang sempit, terutama karena objek yang mau dipotret terlalu panjang atau lebih lebar. Seperti pada upacara pernikahan, poto-poto arsitek. Dan lain sebagainya.
Sedangkan untuk lensa tele, sesuai dengan namanya, lensa ini biasanya dipergunakan dari jarak jauh. Contohnya ketika memotret pertandingan sepak bola di lapangan yang luas.

  1. Perbedaan antara SLR (Single Lens Reflect) dengan kamera View Finder, terletaK Pada bentuknya. SLR merupakan kamera biasa, Yang banyak dipergunakan poleh para pemotret di luar ruangan.
Sedangkan View Finder adalah kamera yang mewah. Biasanya dipergunakan untuk memotret poto model di ruangan.



0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post